Rabu, 04 Maret 2015

Ujian Praktek Agama

KISI-KISI DAN PEDOMAN PENILAIAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
Pendidikan Agama Islam
Tahun Pelajaran 2011/2012
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
KEMENTERIAN AGAMA RI
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |45
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tahun Pelajaran 2011/2012
Jenis Ujian : Praktik
Tingkat : Sekolah Menengah Atas/SMA
Sekolah Menengah Kejuruan/SMK
Ujian praktik merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Pendidikan Agama Islam (USBN PAI), aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak
mulia. Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik
dalam menguasai materi amaliah PAI.
Adapun aspek yang diujikan adalah Al Quran dengan bidang uji membaca.
A. MATERI UJIAN PRAKTIK
1. Aspek Al Quran
Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur ’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai
khalifah, demo-krasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemampuan yang Diuji :
Membaca ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan tugas dan fungsi manusia
sebagai khalifah di muka bumi, demokrasi, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Indikator :
1. Peserta didik dapat membaca ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan tugas
dan fungsi manusia sebagai khalifah di muka bumi.
2. Peserta didik dapat membaca ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan
demokrasi.
3. Peserta didik dapat membaca ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |47
Soal
1.1 Membaca
Bacalah ayat-ayat al Qur ’an di bawah ini dengan tajwid yang benar !
a. QS Al-Baqarah ayat 30
b. QS Al-Mukminun ayat 12-14
c. QS Az-Zariyat ayat 56
d. QS An-Nahl ayat 78
e. QS Ali Imran ayat 159
f. QS Asy-Syura ayat 38
g. QS Yunus ayat 101
h. QS Al-Baqarah ayat 164
Aspek yang di nilai : kelancaran dan penerapan tajwid.
48 | Kementerian Agama RI
B. PENILAIAN
Contoh lembar penilaian
PENILAIAN UJIAN PRAKTIK USBN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tingkat : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Nama Sekolah : …………………………………………..
Nama Siswa : …………………………………………..
Tanggal Ujian : …………………………………………..
Surat/Ayat : …………………………………………..
ASPEK YANG DINILAI SKOR
MAKSIMAL
SKOR
PEROLEHAN
Aspek Al Quran (Skor maksimal = 50)
1. Membaca 20
a. Lancar dan tartil 7 ………….
b. Makhraj dan fasih 7 ………….
c. Tajwid 6 ………….
NILAI AKHIR 20 ………….
………….,………………………..2012
Penguji,
………………………
Pengolahan Nilai
NILAI AKHIR : A x 10
B
A = Skor perolehan
B = Skor maksimal
***
50 | Kementerian Agama RI
52 | Kementerian Agama RI
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA/SMK TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
1. Memahami ayat-ayat
al Qur ’an yang berkaitan
dengan fungsi
manusia seba-gai
khalifah, demo-krasi,
serta pengem-bangan
ilmu penge-tahuan
dan teknologi.
Membaca QS Al Baqarah :
30, al Muk-mi-nun : 12-14,
az Zariyat : 56 dan an Nahl
: 78 yang menjelaskan
tentang fungsí dan tugas
manusia sebagai khalifah
di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-
Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia
sebagai khalifah di muka bumi yang tidak
lengkap, peserta didik dapat melengkapi
bacaan teks ayat tersebut.
1
Menyebutkan arti QS. al
Baqarah: 30, al Mukminun:
12-14, az Zariyat : 56 dan
an Nahl : 78. yang menjelaskan
tentang fungsi dan
tugas manusia sebagai
khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-
Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia
sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik
dapat mengartikan penggalan ayat yang
diberi garis bawah
2
Menampilkan perilaku
ihlas dalam beribadah
seperti terkandung dalam
QS. AL-an’am 162-163 dan
al-Bayyinah 5
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-
Qur ’an tentang perilaku ikhlas dalam
beribadah, peserta didik dapat menyimpulkan
ayat tersebut sebagai salah satu
contoh perilaku ikhlas dalam beribadah.
3
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |53
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menentukan contoh perilaku
sesuai dengan QS. Ali
Imran 159 dan QS. asy
Syura : 38 tentang demokrasi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Alqur ’an tentang demokrasi, peserta
didik dapat menentukan contoh perilaku
sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
4
Menampilkan perilaku
hidup demokrasi seperti
terkandung dalam QS. Ali
Imran : 159, dan QS asy
Syura : 38 dalam kehidupan
sehari-hari.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang demokrasi, peserta didik dapat
menyimpulkan ayat tersebut sebagai dasar
dalam berperilaku demokrasi.
5
Menampilkan perilaku
berkompetisi dalam
kebaikan seperti terkandung
dalam Qs. Al-
Baqoroh 148 dan Qs. Al-
Fathir 32
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta
didik dapat menentukan contoh perilaku
yang sesuai dengan kandungan ayat
tersebut.
6
Membaca Qs. Ar-Rum 41-
42 dan Al-A’raaf 56-58 dan
Qs. Ash- Shad 27 tentang
perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup yang tidak lengkap,
peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat
tersebut.
7
54 | Kementerian Agama RI
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menyebutkan arti Qs. Ar-
Rum 41-42 dan Al-A’raaf
56-58 dan Qs. Ash-Shad 27
ten-tang perintah menjaga
kelestarian lingkungan
hidup
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup, peserta didik dapat menunjukkan
contoh perilaku yang sesuai
dengan kandungan ayat tersebut.
8
Menampilkan perilaku
anjuran bertoleransi seperti
terkandung dalam Qs. Al-
Kafirun dan yunus 40-41
dan Al-Kahfi 29
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang toleransi, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang sesuai
dengan kandungan ayat tersebut
9
Menampilkan perilaku
beretos kerja seperti
terkandung dalam Qs. Al-
Mujadilah 11 dan Al-
Jumu’ah 9-10
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang etos kerja,peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang sesuai
dengan kandungan ayat tersebut.
10
Menjelaskan arti QS.
Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164 yang menjelaskan
ten-tang pengembangan
ilmu pengetahuan
dan tehnologi.
Disajikan kutipan salah satu ayat Alqur ’an
tentang, pengembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi, peserta didik dapat menyimpulkan
kandungan ayat tersebut.
11
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |55
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Melakukan pengembangan
IPTEK seperti
terkandung dalam QS
Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an
tentang IPTEK, peserta didik dapat
mengidentifikasi sikap positif dalam
pengembangan IPTEK sesuai dengan
kandungan ayat tersebut.
12
2.
Meningkatkan keimanan
kepada Allah,
malaikat, rasul-rasul,
kitab-kitab, hari akhir,
Qodo’dan Qodar Allah
Menjelaskan makna 10
sifat Allah SWT dalam
asmaul husna.
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah,
peserta didik dapat menjelaskan makna salah
satu dari 10 sifat Allah SWT yang berkaitan
dengan al asma’ul husna.
13
Meningkatkan Iman
kepada Allah SWT
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah,
peserta didik dapat mengidentifikasi sikap
manusia yang berkaitan dengan 10 al
asma’ul husna.
14
Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam,
peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku yang mencerminkan keimanan
kepada Allah
15
56 | Kementerian Agama RI
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menampilkan perilaku
cerminan beriman kepada
malaikat dalam kehidupan
sehari-hari
Disajikan ilusterasi tentang kehidpan seharihari,
peserta didik dapat menjelaskan hikmah
beriman kepada malaikat.
16
Disajikan pengertian beriman kepada
malaikat, peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku yang mencerminkan iman
kepada malaikat.dalam kehidupan seharihari
17
Menampilkan perilaku
cerminan beriman kepada
kitab-kitab Allah dalam
kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan
manusia yang beriman kepada kitab-kitab
Allah swt, peserta didik dapat menentukan
hikmah beriman kepada Al-Qur’an
18
Menunjukkan contoh beriman
kepada rasul-rasul
Allah SWT.
Disajikan ilustrasi kehidupan rasul, peserta
didik dapat menunjukkan contoh perilaku
rasul yang harus diteladani.
19
Disajikan narasi tentang kehidupan salah
seorang rasul-rasul Allah, peserta didik dapat
menjelaskan keutamaan rasul Allah tersebut.
20
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |57
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menampilkan hikmah
yang mencerminkan keimanan
kepada hari
akhir.
Ditampilkan narasi tentang hari akhir,peserta
didik dapat menyimpulkan hikmah beriman
kepada hari akhir.
21
Menjelaskan hikmah beriman
kepada qadha’ dan
qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan
manusia, peserta didik dapat menjelaskan
hikmah beriman kepada qodo’ dan qodar
Allah swt
22
3. Berperilaku terpuji
seperti husnuzzhan,
taubat dan raja dan
meninggalkan perilaku
tercela seperti
isyrof, tabzir, ghibah
dan fitnah
Menjelaskan hikmah yang
ber-kaitan dengan husnuzhan
Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta
didik dapat menunjukkan salah satu hikmah
yang berkaitan dengan husnuzzhan.
23
Menganalisis contoh perilaku
husnuzhan terhadap
Allah
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan
seseorang. peserta didik dapat mengenali
contoh perilaku husnuzzhan terhadap Allah.
24
Pembiasaan perilaku husnudzan
dalam kehidupan
sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang pembiasaan
perilaku husnudzan dalam kehidupan seharhari
peserta didik dapat menunjukkan cara
pembiasaan perilaku husnudzan dalam
kehidupan sehari-hari.
25
58 | Kementerian Agama RI
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menunjukan hal-hal yang
berkaitan dengan taubat.
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku
perbuatan dosa, peserta didik dapat
menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan
taubat.
26
Mengidentifikasi kebiasaan
perilaku taubat.
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku
terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi
kebiasaan berperilaku taubat dalam kehidupan
sehari-hari
27
Menunjukan hal-hal yang
berkaitan dengan raja’
Disajikan pernyataan-pernyataan tentang
perilaku terpuji, peserta didik dapat
menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan
raja’.
28
Menjelaskan hikmah perilaku
raja’
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji,
peserta didik dapat menjelaskan hikmah
perilaku raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
29
Menunjukan hal hal yang
berkaitan dengan israf.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela,
peserta didik dapat menunjukkan hal hal
yang berkaitan dengan israf.
30
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |59
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Mengidentifikasi hal hal
yang berkaitan dengan
tabzir.
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku
tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi
hal hal yang berkaitan tabzir.
31
Menunjukan manfaat
menghindari tabzir.
Disajikan narasi tentang perilaku tercela
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menunjukan manfaat menghindari
tabzir.
32
Menunjukkan contoh yang
terkait tentang ghibah
Disajikan pernyataan perilaku tercela, peserta
didik dapat menunjukkan contoh hal hal yang
berkaitan dengan ghibah
33
Mengidentifikasi perilaku
fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela,
peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku
fitnah.
34
4.
Memahami sumber
hukum Islam dan
hukum taklifi serta
menjelaskan hukum
muamalah dan hukum
keluarga dalam
Islam.
Menjelaskan pengertian,
kedudukan dan fungsi Al
Qur’an, Al Hadits, Ijtihad
dan hukum taklifi.
Disajikan tabel tentang sumber hukum Islam
secara acak, peserta didik dapat menunjukkan
pengertian sumber hukum
tersebut.
35
Disajikan tentang permasalahan yang
berkembang di masyarakat, peserta didik
dapat menetapkan kedudukan ijtihad sebagai
salah satu sumber hukum Islam.
36
60 | Kementerian Agama RI
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Mengidentifikasi contohcontoh
pengelolaan zakat
Disajikan wacana tentang permasalahan
yang berkembang di masyarakat, peserta
didik dapat mengidentifikasi contoh-contoh
pengelolaan zakat
37
Menjelaskan syarat dan
rukun haji
Disajikan deskripsi tentang syarat dan rukun
haji. peserta didik dapat menjelaskan
ketentuan syarat dan rukun haji
38
Menjelaskan contoh asasasas
transaksi ekonomi
dalam Islam.
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam,
peserta didik dapat menjelaskan azas-azas
transaksi ekonomi dalam Islam
39
Disajikan pengertian macam-macam syirkah,
peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
syirkah tersebut.
40
Disajikan ilustrasi tentang contoh transaksi
ekonomi, peserta didik dapat menentukan
contoh transaksi ekonomi dalam islam
41
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |61
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menjelaskan ketentuan
perkawinan menurut
perundang-undangan di
Indonesia.
Disajikan narasi tentang pernikahan yang
Islami, peserta didik dapat menjelaskan
hikmah pernikahan.
42
Disajikan problematika pernikahan antara
muslim dengan non muslim, peserta didik
dapat menunjukkan ketentuan pernikahan
menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
43
Menjelaskan ketentuanketentuan
hukum waris.
Disajikan narasi tentang h=ubungan
kekerabatan dalam keluarga, peserta didik
dapat menunjukkan anggota keluarga yang
terhalang mendapat harta waris.
44
Menjelaskan hikmah
hukum waris dalam Islam.
Disajikan wacana tentang penerapan
pembagian harta waris, peserta didik dapat
mengidentifikasi hikmah hukum waris.
45
62 | Kementerian Agama RI
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
5.
Memahami sejarah
Nabi Muhammad
pada periode Mekkah
dan periode Madinah
serta perkembangan
Islam di Indonesia dan
di dunia.
Mendeskripsikan substansi
dan strategi dakwah
Rasulullah SAW periode
Makkah dan Madinah.
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah
SAW periode Makkah, peserta didik dapat
menyimpulkan substansi dakwah
Rasululullah SAW di Makkah.
46
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah
periode Madinah, peserta didik dapat
menunjukkan strategi yang digunakan
Rasulullah dalam berdakwah di Madinah.
47
Menjelaskan
perkembangan Islam di
Indonesia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan
Islam di Indonesia, peserta didik dapat
mengidentifikasi faktor-faktor yang
menyebabkan Islam berkembang dengan
cepat di Indonesia.
48
Disajikan narasi tentang perkembangan
Islam di Indonesia, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh perkembangan
Islam di Indonesia.
49
Pedoman Pelaksanaan USBN PAI 2011/2012 |63
NO.
STANDAR
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
INDIKATOR
NO.
SOAL
Menjelaskan perkembangan
Islam di dunia.
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di
dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah
satu bukti perkembangan Islam di dunia.
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar